Mandalika Resmi Gelar WSBK Indonesia Pada November 2021

credit: merdeka.com

FIM resmi merilis kalender final World Superbike (WSBK) musim 2021. Mandalika International Street Circuit akan menjadi tuan rumah pada 19-21 November tahun ini.

Sejatinya, Mandalika dijadwalkan menggelar WSBK pada 12-14 November. Namun, jadwal dimundurkan menjadi sepekan karena pertimbangan logistik dan organisasi.

Adanya perubahan ini sekaligus memberikan waktu bagi pengelola Sirkuit Mandalika untuk melakukan persiapan event seri terakhir Asia Talent Cup (ATC), juga pengalaman menggelar balapan secara back-to-back.

Oleh karena itu, putaran WorldSBK Indonesia akan berlangsung pada akhir pekan 19-21 November, sebagai acara penutup yang menakjubkan pada musim 2021,” demikian pernyataan resmi, Sabtu (25/9/2021).

credit: iwanbanaran.net

“Indonesia sebelumnya menjadi tuan rumah balap WorldSBK dari 1994 hingga 1997. Dan kembalinya kejuaraan telah lama ditunggu-tunggu ke negara Asia Tenggara dalam tiga tahun terakhir, yang merupakan upaya berkelanjutan dalam konteks yang menantang.

“Dengan basis penggemar balap yang kuat dan pasar utama bagi pabrikan dan mitra kejuaraan, peletakan batu pertama Mandalika International Street Circuit, serta menjadi tuan rumah WorldSBK dan ATC pada 2021 akan menjadi tonggak penting bagi Dorna Group dan promotor lokal, MGPA.”

Sejumlah infrastruktur pendukung dan penerapan protokol kesehatan yang ketat pun tengah disiapkan.

Menjelang ajang Superbike, masyarakat pun mendapatkan bocoran harga tiket untuk menontonnya. Wakil Menteri BUMN Kartika Wirjoatmodjo, dalam Instagram pribadinya membagikan bocoran harga tiket World Superbike yang terbaik dari kelas premier atau VVIP hingga kelas standar.

Untuk kelas ‘Black’ atau premier Class harga tiketnya senilai Rp 19,5 juta, untuk kelas ‘Gold’ atau deluxe class seharga Rp 14,95 juta.

Kemudian, untuk kelas ‘Red’ terbagi dalam tiga kategori, untuk Premier Grand Stand A seharga Rp 2,82 juta, Premier Grand Stand B seharga Rp 2,75 juta, Premier Grand Stand C seharga Rp 2,65 juta.

Harga Tiket WSBK Mandalika 2021. (Tangkapan Layar Instagram)Foto: Harga Tiket WSBK Mandalika 2021. (Tangkapan Layar Instagram)
Harga Tiket WSBK Mandalika 2021. (Tangkapan Layar Instagram)
credit: cnbcindonesia

Setelah itu ada kelas ‘Blue’ yang terbagi dalam dua kategori, yakni Main Grand Stand 1A seharga Rp 2,35 juta dan Main Grand Stand 1B seharga Rp 2,15 juta.

Kelas ‘Tosca’ Main Grand Stand seharga Rp 1,39 juta, kelas ‘Yellow’ Standard Grand Stand 1 seharga Rp 995 ribu. Kemudian yang termurah yakni ‘Grey’ seharga Rp 795 ribu.

Harga ini berlaku untuk weekend pass 3 hari, dan belum termasuk dengan pajak.

Come out and play. Make WSBK Mandalika your first recovery trip.. Tentunya setelah 2 kali vaksinasi, dan dengan Prokes ketat,” tulis Tiko, panggilan akrab Wamen BUMN, dalam Instagramnya, dikutip Minggu (24/10/2021).

Selain jadi tuan rumah Asia Talent Cup dan World Superbike, Mandalika turut dijadwalkan menggelar Tes Pramusim MotoGP 2022 pada 11-13 Februari.

Sedangkan balapan MotoGP Indonesia di Mandalika International Street Circuit direncanakan bergulir pada Maret musim 2022. Dalam draf awal, tanggal perlombaan jatuh antara 13 atau 20 Maret tahun depan.

sumber: id.motorsport.com, cnbcindonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

× How can I help you?